3 Bisnis Menjanjikan bagi Pensiunan

cara-kirim-uang
Cara Kirim Uang

Cukup menggelisahkan memang bila Anda mulai memasuki masa pensiun. Kegiatan yang biasanya dilakukan dengan rutin dan produktif, seketika mulai berganti dengan rasa bosan karena hanya berdiam diri di rumah.

Masalah psikologis yang biasanya sering dialami saat memasuki masa pensiun setelah dulunya memiliki jabatan dan kekuasaan bisa disebut dengan post power syndrome. Orang yang mengalami hal tersebut pada dasarnya akan menunjukan gejala kecewa, bingung, kesepian, khawatir, dan merasa kosong.

Berdasarkan aturan pemerintah di Indonesia, usia pensiun seseorang yang maksimal adalah 65 tahun. Walaupun sudah terdapat batasan tersebut, bukan berarti mereka tidak juga boleh menghasilkan pendapatan lagi.

Mengatasi post power syndrome salah satunya bisa dilakukan dengan memulai bisnis pribadi. Selain kembali mendapatakan penghasilan, rutinitas yang dijalani pun akan membuat seseorang lebih terobati di masa pensiunnya. Anda hanya perlu menjalankan bisnis menjanjikan yang cocok bagi Anda.

Berikut ini beberapa jenis bisnis menjanjikan yang bisa dijalankan di hari tua

1. Budidaya sayur dan buah

Jika Anda mempunyai hobi berkebun, buatlah hobi tersebut menjadi bisnis menjanjikan di masa pensiun ini.

Selain sayur-sayuran, budidaya buah-buahan bisa menjadi usaha lain yang bisa dicoba. Sebagai permulaan, kita bisa membeli bibit tanaman yang harganya tidak terlalu mahal.

Beberapa buah-buahan yang bisa dikembangkan untuk menjadi usaha diantaranya adalah jeruk manis, pisang, hingga buah naga. Bahkan beberapa buah-buahan tertentu juga dapat dilakukan secara hidroponik, sehingga memberikan buah dengan kualitas organik. Bisnis menjanjikan ini patut dicoba bila Anda hobi bercocok tanam.

2. Beternak

Prospek usaha ternak hampir tidak pernah padam. Hampir seluruh orang pasti membutuhkan berbagai hasil ternak, terlebih lagi untuk dikonsumsi.

Salah satu contoh hewan ternak yang dapat dipilih sebagai lahan usaha adalah ikan lele. Memanen lele dari pertama kali benihnya ditebar tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya berkisar 3 bulan saja.

Setelah itu, hasil lele Anda pun siap untuk dijual. Berdasarkan survey harga di tahun 2017, keuntungan ternak lele per 1000 ekor yang diperoleh biasanya berkisar sebesar Rp 2.060.000. Tak heran ternak lele menjadi salah satu bisnis menjanjikan.

3. Rental mobil

Jika Anda memiliki lebih dari satu mobil, jangan dijual begitu saja. Nilai jual mobil akan selalu turun. Daripada rugi, ada baiknya disewakan saja.

Bisnis rental mobil akan tetap memiliki prospektif sepanjang masyarakat masih membutuhkan kendaraan untuk berpergian.Bagi Anda yang memiliki modal lebih, tidak ada salahnya menambah ‘armada’ dengan membeli mobil baru. Keuntungannya pun menarik, sehingga rental mobil termasuk dalam bisnis menjanjikan bagi pensiunan seperti Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *