5 Cara Memilih Fintech yang Terpercaya

Uang Online

Dalam artikel ini, kamu akan diberikan enam tips untuk memilih fintech yang terpercaya sehingga kamu akan merasa aman ketika meminjam dan mencicil secara online. Berikut ulasannya :

1. Pastikan Aplikasi Terdaftar di OJK

Cara memilih fintech terpercaya yang pertama adalah kamu harus memilih yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk melihat daftar penyelenggara fintech yang sudah terdaftar di OJK, kamu bisa cek langsung di laman ojk.go.id.

Perusahaan fintech yang telah terdaftar dan diawasi OJK pastinya akan mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku, mulai dari cara penagihan, ketentuan besaran suku bunga pinjaman, denda, dan lain sebagainya.

2. Lebih Teliti Soal Persyaratan yang Diminta

Hal yang lebih penting lagi sebelum kamu memilih fintechtersebut, kamu perlu membaca serta memahami persyaratan yang diminta oleh si penyedia pinjaman. Mulai dari KTP, KK, NPWP, slip gaji, dan buku tabungan sangat perlu kamu perhatikan. Namun, bila aplikasi tersebut meminta surat-surat rahasia seperti surat tanah dan lainnya, langsung kamu tinggalkan aplikasi tersebut dan pilih aplikasi lainnya.

3. Memiliki Sistem yang Transparan

Fintech terpercaya seharusnya memiliki sistem yang terbuka dengan kliennya. Maksud dari terbuka ini adalah aplikasi pinjaman online tersebut wajib memberitahu dengan jelas dan transparan di awal sebelum pinjaman disetujui terkait bunga, jatuh tempo, denda, dan biaya tambahan lainnya.

4. Kemudahan untuk Cek Status Pinjaman

Tips memilih fintech selanjutnya adalah kamu mendapat kemudahan untuk terus mengecek status uang yang kamu pinjam di aplikasi tersebut. Di dalam aplikasinya tentunya harus tersemat status pinjaman seperti total pinjaman, jumlah bunga, tanggal jatuh tempo, dan berbagai informasi lainnya. Hal-hal yang telah disebutkan tadi wajib kamu ketahui agar tidak dibohongi oleh kreditur.

5. Lihat Komentar dan Ulasannya

Cara memilih fintech berikutnya adalah aplikasinya wajib memiliki komentar serta ulasan yang baik di Google Playstore atau AppStore. Kalau komentarnya bagus-bagus, bahkan sampai ada yang merekomendasikan dan memberikan bintang 5, langsung install saja aplikasinya di ponsel kamu. Pada akhirnya, feedback dari pengguna lah yang bisa menjadi penilaian akhir kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *