5 Hal Penting dalam Menentukan Lokasi Bisnis Startup

uang-elektronik
Uang Elektronik

Memulai bisnis gak cuman melulu soal ketersediaan teknologi canggih. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuka bisnis ini. Beberapa diantaranya adalah sumber daya manusia dan penempatan lokasi usaha.

Maka cobalah untuk kembali mempertimbangkan penentuan lokasi, sebagai salah satu hal penting dalam memulainya. Tapi kamu pasti bingung deh lokasi bisnis startup.

Seperti apa memangnya yang tepat?

1. Lokasi bisnis startup harus dekat kantor perizinan

Mereka yang baru memulai tentu harus memenuhi beberapa regulasi yang ditetapkan di suatu negara, termasuk di Indonesia. Perizinan bisa diurus di instansi-instansi pemerintahan lokal seperti salah satunya adalah di Kominfo. Artinya, jika kamu berdomisili di Jakarta, pilihlah lokasi usaha di kota Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan. Sebab, di sana kalian akan lebih mudah untuk menuju ke Balai Kota, atau kantor-kantor lainnya.

2. Akses yang mudah ke pemodal

Meskipun saat memulai bisa diawali dengan modal yang ringan, kalian juga harus memutar otak untuk mendapatkan modal yang besar. Salah satu caranya adalah dengan mengajukan pinjaman ke bank, investor, atau pihak manapun yang bersedia meminjamkan uangnya untuk startupmu. Nah kamu harus memerhatikan ini dalam menentukan lokasi bisnismu. Usahakan yang tidak terlalu jauh dari mereka agar segala proses pencairan dana menjadi lebih efektif dan efisien.

3. Dekat dengan bisnis lainnya

Bisnis lainnya di sini bukan berarti kamu harus berdekatan dengan kompetitor, melainkan bisnis-bisnis di bidang lain yang menunjang karyawanmu. Salah satu yang terpenting dari lokasi bisnis startup adalah berdekatan dengan bisnis kuliner atau warung makan. Karena setiap hari pasti kita memperlukan makan, lokasi yang dekat dengan penjual makanan bikin kita lebih menghemat waktu. Kalau jauh kan malas juga, mesti naik kendaraan dulu atau mesen layanan ojek online yang kadang datangnya lama.

Hal ini juga demi kenyamanan klien yang nantinya bakal berkunjung ke bisnis yang kamu miliki. Kamu jadi memiliki tempat lain selain di dalam kantor untuk mengadakan meeting, misalnya di kafe terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *