Boros ? Inilah 6 Trik untuk Rajin Menabung

uang-elektronik
Uang Elektronik

Rajin menabung jadi hal yang selalu digaungkan sejak kecil, dan selalu digaungkan sebagai langkah untuk menjadi kaya. Tapi rajin menabung terasa amat sulit dilakukan bagi yang memiliki kebiasaan boros dalam hal keuangan.

Pada awal tahun menjadi saat yang tepat melakukan evaluasi bagi si boros.

1. Evaluasi Keuangan dan Resolusi

Bila masih bingung apa yang hendak dijadikan resolusi, targetkan paling tidak bahwa tahun ini utang dan cicilannya (bila ada) semakin berkurang, dan tabungan serta investasi makin bertambah.

Dengan cara mengevaluasi dan menentukan resolusi, maka seseorang akan melihat bagaimana pola keuangannya selama satu tahun terakhir.

2. Disiplin Kuat Mengatur Keuangan

Kemudian, salah satu kunci yang paling ampuh dalam mengatur keuangan adalah disiplin tinggi dan kemauan yang kuat. Untuk menjalankan apa yang sudah direncanakan dalam resolusi keuangan tahunan kamu harus memiliki dua hal itu.

3. Gunakan Skema Menabung Autodebet

Contoh sederhana bila tidak bisa rajin menabung tiap bulannya, minta fasilitas autodebet dari tempat bank kita menerima gaji.

Dengan itu, bank akan melakukan debet secara otomatis dari gaji kita untuk dimasukkan ke rekening tabungan. Dengan cara ini diharapkan akan semakin memberikan kedewasaan dalam mengelola keuangan.

4. Gunakan Rekening Khusus Tabungan Tanpa ATM

Kemudian cara selanjutnya adalah menggunakan rekening tabungan yang tidak ada pilihan untuk penarikan uang di ATM. Dengan ini uang yang disimpan dalam rekening tabungan akan tersimpan dengan baik dan tidak bisa dicairkan melalui ATM. Semoga bisa memotivasi kamu juga untuk rajin menabung.

5. Mulai Melakukan Investasi

Langkah untuk mencegah pemborosan adalah mulai melakukan investasi, pilih investasi yang sesuai minat dan keinginanmu. Tentunya agar investasi yang dilakukan dijalankan dengan senang hati, atau tidak mengikuti teman atau tren semata.

Pilih jenis investasi yang dianggap paling tepat, mulai dari tabungan emas, reksadana, hingga pasar saham.

6. Gunakan Jasa Perencana Keuangan yang Tepat

Pilihan lain adalah dengan menggunakan jasa perecana keuangan terpercaya. Dengan ini sifat boros atau salah mengelola keuangan bisa segera diperbaiki bersama dengan perencana keuangan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *