Inilah Perbedaan SMS Banking dan Internet Banking!

cara-transfer-uang-lewat-hp
Cara Transfer Uang Lewat HP

Kemajuan Teknologi semakin hari semakin membantu penggunanya untuk memudahkan berbagai transaksi termasuk perbankan. Saat ini sudah merupakan hal umum bagi nasabah untuk bisa memilih layanan mobile perbankan seperti SMS Banking maupun Internet Banking. Lalu apa beda antara keduanya? Mana yang lebih memudahkan? SMS Banking atau Internet Banking?

SMS Banking

SMS Banking adalah sebuah layanan perbankan yang dapat diakses dan dilakukan melalui jaringan SMS (Short Message Services) telepon seluler anda. SMS Banking akan mengandalkan jaringan provider telepon seluler sehingga SMS Banking hampir dapat anda gunakan dimana saja dan kapan saja.

Dengan SMS Banking, anda dapat melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran, informasi saldo, informasi debet dan kredit. Dengan cara ini anda akan terus terinformasi mengenai kondisi rekening tabungan anda 24 jam seminggu.

Keuntungan Menggunakan SMS Banking

  1. Dapat digunakan dimana saja dan mengandalkan jaringan telefon selular
  2. Dari segi keamanan SMS dianggap lebih aman karena jaringan tidak terhubung ke internet. Anda dapat menghapus SMS segera setelah transaksi selesai dilaksanakan

Internet Banking

Internet Banking adalah layanan perbankan dimana nasabah dapat melakukan transaksi pembayaran, transfer dan transaksi lainnya secara mandiri melalui website milik bank yang dilengkapi dengan sistem keamanan. Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang Penerapan Manajemen Risiko Dalam Penggunaan Teknologi Informasi Oleh Bank Umum adalah peraturan yang mengatur hal tersebut. Layanan ini tersedia setiap saat (24 jam/hari, 7 hari/minggu) dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, yang dapat terhubung dengan jaringan internet.

Keuntungan Menggunakan Internet Banking

  1. Dapat digunakan dimana saja dengan mengandalkan jaringan internet melalui provider seluler atau wifi.
  2. Dibandingkan SMS Banking, Internet Banking bisa melakukan lebih banyak transaksi dan setiap transaksi dapat diarsip dalam bentuk dokumen pdf.
  3. Interface yang mudah dipahami dan mudah digunakan.
  4. Keamanan dalam melakukan transaksi lebih terjamin karena menggunakan BNI e-secure dan BNI m-secure. Tanpa salah satu dari keduanya, transaksi tidak dapat dilanjutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *