Ketahui 4 Hal Ini Dalam Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak

uang-digital
Uang Digital

Melihat kondisi sekarang, biaya untuk pendidikan semakin bertambah dari waktu ke waktu. Karena itu, dibutuhkan banyak persiapan yang matang, salah satunya dengan dana pendidikan. Dengan mempersiapkannya sejak dini, Anda bisa melakukan antisipasi agar sang buah hati dapat menyelesaikan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi.

Akan memulai persiapan tabungan pendidikan anak? Pastikan empat hal ini sudah Anda ketahui.

1. Pahami Seluk Beluk Biaya Pendidikan

Anda bisa memulai perencanaan dengan mencari tahu dulu berapa anggaran pendidikan yang dibutuhkan!

Penting bagi Anda untuk mengetahui estimasi biaya pendidikan sebagai langkah pertama. Dengan begini, Anda akan tahu langkah selanjutnya yang harus diambil untuk keseluruhan persiapan. Informasi tersebut bisa didapatkan rinciannya lewat website resmi, ataupun menghubungi langsung institusi yang dituju. Di sinilah Anda dapat mengkalkulasi pendanaan matang-matang hingga melakukan perencanaan anggaran pendidikan agar sesuai harapan.

2. Pertimbangkan Pengeluaran Lainnya

Jika lokasi institusi tergolong jauh dari tempat tinggal, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan pengeluaran lainnya.

Lokasi yang cukup jauh mengharuskan anak Anda untuk memiliki tempat bernaung sementara selama menuntut ilmu. Pertimbangkan kenyamanan saat memilih apartment atau rumah kecil untuk mereka. Jangan lupa untuk mengkalkulasi biaya hidup selama tinggal. Mengingat kenaikan biaya pendidikan mencapai 10% hingga 20% setiap tahunnya, cobalah untuk mempertimbangkan dana ini di dalam tabungan pendidikan anak Anda agar semua kebutuhan tetap terpenuhi.

3. Pelajari Produk Untuk Berinvestasi

Selain dua hal di atas, Anda juga perlu mengetahui bahwa mempersiapkan dana pendidikan ternyata bisa juga dilakukan sambil berinvestasi.

Terdapat berbagai cara untuk memulainya. Memang, kebanyakan dari kita lebih memilih tabungan konvensional untuk menyimpan dana. Namun, ada banyak cara untuk memiliki dana pendidikan sambil berinvestasi. Dengan reksa dana, misalnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba asuransi pendidikan dengan benefit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tentu, yang perlu dilakukan adalah mempelajari setiap produk terlebih dahulu.

4. Temukan Program Tepat

Sudah mengetahui tiga hal di atas? Sekarang saatnya menemukan program yang tepat jika Anda ingin berinvestasi sambil mempersiapkan tabungan pendidikan anak.

Ketika dihadapkan pada beragam pilihan produk asuransi investasi, langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah mempelajari keunggulan-keunggulan pada setiap produk investasi dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Setelah merasa cukup memahaminya, Anda bisa melanjutkannya dengan konsultasi dengan orang yang ahli di bidang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *