Masih Bawa Uang Cash? Cobain Uang Non Tunai

uang-elektronik
Uang Elektronik

Berdasarkan hasil survey JakPat dalam Startup Report 2017 DailySocial, nih daftar uang elektronik yang paling populer di Indonesia.

1. Go-Pay

Fitur Go-Pay membawa nama Gojek berevolusi jadi financial technology alias fintech. Sebagai alat pembayaran, Go-Pay bahkan telah bisa dipakai sebagai e-cash terpisah dari ekosistem Gojek sendiri.

Go-Pay sudah dapat digunakan untuk belanja online di beberapa toko online, beli pulsa, hingga bayar tagihan listrik. Di tahun 2018, kabarnya Go-Pay akan bisa digunakan untuk bertransaksi secara offline.

Kelebihan lain dari Go-Pay adalah cara top up-nya yang mudah dan beragam. Baik dari mesin ATM, melalui driver Go-Jek, hingga melalui kasir Alfamart.

2. E-Money Mandiri

Mandiri e-Money berbentuk kartu fisik dengan basis chip. Calon pengguna bisa membeli kartu perdana di kantor Cabang Bank Mandiri atau merchant retail offline seperti Indomaret, Alfamart, Halte transjakarta, Stasiun KRL, dan sebagainya.

Kartu ini sering digunakan buat pembayaran transportasi kayak KRL, Transjakarta, sampai bayar tol. Tidak hanya itu, kartu ini juga dapat digunakan untuk bayar parkir, belanja di toko swalayan (Indomaret dan Alfa Group), hingga pembayaran di wahana hiburan atau restoran yang memiliki logo e-money.

3. T-Cash

T-Cash adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel. Maka dari itu, cuma pengguna Telkomsel yang dapat menggunakan layanan ini.

T-Cash bisa digunakan untuk pembayaran di sejumlah merchant tertentu, membeli pulsa, berbelanja online, sampai mengirim uang tanpa rekening bank. Untuk top up saldo, caranya gak jauh beda dengan uang non tunai lainnya, yaitu melalui GraPARI, Indomaret, Alfamart, dan transfer bank.

4. BCA FLazz

Sebelas dua belas dengan e-money Mandiri, BCA Flazz juga merupakan uang non tunai keluaran bank. Sebagai pelopor, merchantnya sudah tersebar di mana-mana. Ada 57 ribu outlet merchant yang bisa menggunakan kartu ini.

Fiturnya juga mirip dengan Mandiri e-money. Namun, cara isi saldonya lebih sulit dibanding Mandiri e-money. Sebab, BCA Flazz belum mempunyai aplikasi di smartphone untuk mengisi saldo.

5. OVO

Inilah salah satu uang elektronik yang lagi gencar-gencarnya tebar promo. Salah satu keunggulan OVO dibanding uang non tunai lainnya adalah adanya sistem poin sebagai loyalty rewards yang diperoleh pengguna OVO tiap bertransaksi.

Berbasis aplikasi, OVO membuat kamu bisa memonitor dan mengelola semua pengeluaranmu. Lebih dari itu, top up saldo OVO Cash juga sangat mudah, bisa melewati berbagai bank maupun merchant yang bekerja sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *