5 Destinasi Liburan Hemat di Asia yang Bisa Kamu Datengin!

liburan hematTahukah kamu, waktu terbaik mengunjungi Asia adalah bulan Januari sampai Maret dan bulan Juni sampai September karena iklim dan suasanya yang mendukung. Sudah bukan hal yang asing bagi para pencinta travelling karena mereka lebih tertarik menjelajah kawasan Asia. Dijamin kamu bisa liburan hemat dengan sedikit mencari informasi secara detail tentang biaya akomodasi, transportasi, tiket masuk wisata, makan dan sebagainya. Nah, berikut ini beberapa kota dengan destinasi yang bisa dijangkau dengan harga sesuai budget backpacker!

Pokhara, Nepal

Kalau ke sini pasti kamu akan di arahkan pertama kali ke ibu kotanya bernama Kathmandu. Sebenarnya bisa menuju Pokhara sebagai liburan hemat yang akan kamu lakukan. Pokhara sendiri menjadi titik rute trekking yang cukup menyenangkan karena lebih indah dan murah. Coba telusuri beberapa sudut kota Pokhara dengan pengeluaran bisa sampai 270 ribu dalam sehari.

Hanoi, Vietnam

Sudah beberapa backpackers mengakui bahwa Vietnam menjadi liburan hemat dan menjadi solusi bagi mereka yang ingin berkeliling dunia. Makanan yang enak mulai dari restoran kecil pinggir kota. Salah satu mie favorit mantan presiden Barack Obama dengan harga $6 atau sekitar 87.000 rupiah. Penginapannya pun tersedia banyak mulai dari hostel murah hingga bintang lima. Hostel murah terbaik sekitar 90 ribu rupiah untuk satu malam. Kamu akan menghabiskan 261 ribu dalam sehari jika berlibur ke sana.

Chiang Mai, Thailand

Rasakan ketenangan jika liburan murah ke Chiang Mai, daripada kamu memilih Bangkok. Akan ada banyak kuil bersejarah, museum, taman nasional dan festival budaya yang wajib dikunjungi. Kamu harus mengeluarkan biaya setidaknya 100 ribu dalam setiap kunjungan ke atraksi wisatanya. Persiapkan budget 289 ribu rupiah untuk pengeluaran per harinya.

Phnom Penh, Kamboja

Biasanya kebanyakan turis datang ke sini untuk mengunjungi daerah Siem Reap dan Angkor Wat. Destinasi menarik dari liburan hemat di Kamboja adalah datang ke Kuol Wat Phnom, Museum Nasional Kamboja, dan mencoba perjalanan dengan kapal ferry ke Silk Island. Untuk pengeluaran sehari bagi backpacker jika mengunjunginya yaitu 318 rubu rupiah.

Manila, Filipina

Sudah pernah menjelajahi Filipina? Untuk ukuran sebuah ibu kota, Manila terbilang terjangkau jadi sayang untuk dilewatkan. Aktivitas seru yang biasa turis lakukan di sini adalah tur menggunakan sepeda bambu menyusuri kota tua zaman koloni Spanyol. Juga bisa datang melihat karya seni dan sejarah Museum Filipina. Cukup dengan 296 ribu kamu bisa menikmati liburan hemat menyenangkan di sini.

Mana negara yang membuat kamu tertarik?

Ini 4 Wisata ke Pulau Seribu yang Wajib Banget Kamu Coba!

wisata ke pulauKamu udah pernah liburan ke mana saja di Indonesia? Kepulauan seribu pasti udah ngga asing lagi kan, karena sudah menjadi salah satu pulau populer dan sering dikunjungi. Kamu akan menemukan banyak destinasi berbeda yang nggak kalah menyenangkan. Kalau datang ke kawasan ini akan menemukan ratusan pulau yang tersebar dan hampir tidak berpenghuni. Temukan beberapa wisata ke pulau ini saat akan mengunjunginya ya.

1. Pulau Semak Daun

Kalau kamu cinta dengan keindahan bawah laut dan ingin semaksimal mungkin bisa eksplorasi tanpa harus jauh-jauh. Pulau semak ini suasana heningnya bisa kamu dapatkan karena memang pulau ini tidak berpenghuni. Bagi para warga Jakarta bisa jadikan wisata ke pulau satu ini sebagai tempat pelarian dari rasa penat bekerja. Kamu bisa mendirikan tenda di tepi pantai dengan suasana deburan ombak yang bisa menenangkan hati dan pikiran. Pagi dan sore hari wisatawan bisa menikmati indahnya bawah laut, jangan lupa membawa peralatan menyelammu sendiri karena tidak tersedia fasilitas apapun bagi wisatawan.

2. Pulau Harapan

Sesuai dengan namanya, wisata ke pulau harapan akan membawa harapan bagi siapa pun yang berkunjung ke sini. Pulau indah menawarkan banyak pesona unik dengan sebuah jembatan kayu yang bisa digunakan. Terkenal memiliki terumbu karang yang sangat indah, kamu akan dimanjakan jika snorkeling di tempat ini. Snorkeling dengan terumbu yang dangkal dan mudah melihat ikan kecil yang berenang lincah. Ternyata juga menjadi tempat tinggal hewan langka yaitu Elang Bondol. Sebagai tempat penangkaran untuk melindungi spesies mereka dari kepunahan. Selain berwisata, kamu akan mendapatkan edukasi lebih mendalam tentang habitat dan kehidupan hewan tersebut.

3. Penangkaran Penyu Sisik

Sudah pernah ke penangkaran penyu sebelumnya? Yuk, coba sekali-kali datang wisata ke pulau dengan banyaknya penyu. Letaknya berada di Pulau Pramuka yang berdekatan dengan Pulau Tidung. Destinasi seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai edukasi tentang kehidupan hewan menggemaskan ini. Kamu bisa mengenal dan memahami lebih dalam tentang pentingnya budidaya sehingga akna timbul kesadaran untuk ikut melestarikan. Bisa melihat proses dari mulai menetas hingga siap dilepaskan ke laut, pasti sangat mengasyikan.

4. Penangkaran Hiu

Bukan cuma penyu, kamu bisa melihat penangkaran hiu. Penangkaran tersebut disediakan untuk melestarikan dan mengurangi risiko punahnya hiu di Indonesia akibat pihak yang tidak bertanggung jawab. Penasaran kan? Makanya coba deh kamu rasakan sendiri bertemu dengan hiu secara langsung.

Beberapa pulau di atas bisa jadi alternatif liburan bersama keluarga maupun pasangan lho! Jadi, mana yang akan kamu kunjungi?

Ternyata 6 Kota Ini Cocok untuk Kamu yang Ingin Wisata Liburan Tahun Baru

wisata liburanIngin merasakan perayaan liburan tahun baru yang sedikit lebih berbeda? Dengan banyaknya jasa yang menyediakan tiket traveling murah bisa kamu manfaatkan lho. Temukan wisata liburan terbaik dari sekarang agar momen tahun baru kamu lebih istimewa. Berikut kota yang bisa kamu kunjungi.

Bandung

Orang Jakarta pasti sudah menjadikan kota Bandung jadi kota kedua yang sering dikunjungi. Wisata liburan ke Bandung memang selalu menjadi kota favorit terutama bagi keluarga. Bukan harus liburan panjang karena bisa juga kok menghabiskan weekend di sana. Coba kamu datang ke beberapa tempat di Bandung ini: Barusen Hills Bandung, Lembah Dewata Bandung, Dago Dream Park Bandung, Bukit Senyum Cipada, Farmhouse Lembang, The Lodge Maribaya, dan Taman Sejarah Bandung.

Malang

Malang memang cocok jadi satu destinasi wisata liburan di akhir tahun. Udara sejuk yang masih dimiliki kota ini bikin kamu betah untuk tinggal dan liburan lama deh. Kalau untuk kawasan favoritnya yaitu daerah Batu. Beberapa destinasi atau tempat yang populer bagi warga di sana seperti Taman Kelinci, Desa wisata Pujon Kidul, Bukit Bulu Coban Rais, Peternakan Kuda Megastar, dan Apache Camp Coban Talun.

Bogor

Mau jalan-jalan murah, deket dan bisa membuat kamu berlibur dengan keluarga terpenuhi? Bogor jawabannya! Nggak harus wisata yang mewah, di kota Bogor akan banyak kamu temukan rumah makan atau cafe hits. Coba kunjungi beberapa wisata liburan Bogor berikut ini: Rumah Pohon dan Jembatan Gantung Curug Ciherang Jonggol, Little Venice Kota Bunga, Hutan Pinus Gunung Pancar, Goa Agung Garunggang, Gunung Batu Jonggol, dan Puncak Batu Belah Gunung Manura.

Yogyakarta

Berkunjung ke Yogyakarta memang nggak harus saat waktu tertentu. Beberapa orang memilih ke sini untuk melepas kangen dengan suasananya yang berbeda dari kota-kota lain. Nah, sudah pernah menjelajahi apa saja saat kamu datang? Mungkin tempat ini ada yang belum kamu tau, seperti Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo Gumelem, Kebun Buah Mangunan, Jembatan Pantai Timang, Bukit Teletubbies, Seribu Batu Songgo Langit, Rumah Hobit Mangunan, dan Jembatan Soka.

Surabaya

Kamu kenal kan dengan walikota Surabaya, Ibu Risma? Beliau memiliki julukan walikota yang gila dengan taman. Hal tersebut membawa dampak dan pengaruh positif untuk masyarakat kotanya, surabaya menjadi lebih ramah bagi para pejalan kaki. Berikut tempat yang harus kamu coba tengok saat memilih wisata liburan Surabaya. Ada Wisata Mangrove Wonorejo, House of Sampoerna, Jembatan Suramadu, Ciputra Waterpark Surabaya, Taman Bungkul, Pantai Kenjeran dan Surabaya North Quay.

Bali

Bali, tetap menjadi wisata liburan favorit bagi turis lokal dan asing terutama melonjak saat menyambut pergantian tahun. Pastikan sudah siap ke sini ya, karena ini rekomendasinya yaitu Pantai Suluban – Uluwatu, Yellow Bridge – Nusa Ceningan, Air Terjun Tukad Ceping- Bangli, Air Terjun Yeh Mempeh, Sundays Beach Club, Pura Luhur Besikalung, Candi Gunung Kawi Gianyar serta Pantai Atuh, Nusa Penida.

Dari 6 kota di atas, mana yang akan kamu pilih? Yuk, tentukan dari sekarang!