Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Kusam

Ketahui Tipe Kulit Kamu Dengan Cara Berikut Ini!

1. Kulit normal

Kulit normal tidak begitu kering atau berminyak. Tipe kulit ini mempunyai kelembaban dan kekenyalan yang cukup karena minyak alami kulit menyebar rata, tetapi produksi minyak tidak terlalu berlebih hingga kulit tidak terlihat mengkilap.

Kulit normal cuman mempunyai sedikit permasalahan kulit atau terkadang tidak ada sama sekalipun. Kulit tidak terlihat kusam, mempunyai penyebaran warna yang rata, dan pori-pori yang tidak besar. tipe kulit ini tidak gampang teriritasi.

Antiknya, tidak beberapa orang yang yakin jika kulitnya bertipe normal. Kemungkinan ini dikarenakan oleh tiap pemilik kulit normal dapat memperlihatkan reaksi yang bermacam pada perawatan kulit, bertambahnya umur, atau beberapa faktor yang lain.

2. Kulit berminyak

Kulit berminyak disebabkan karena produksi sebum yang tinggi. Sebum adalah minyak alami yang berperan membuat perlindungan dan menjaga kehalusan kulit. Kulit berminyak dapat makin kronis karena pengubahan hormon, bertambahnya umur, dan sebagainya.

Pemilik kulit dengan tipe berminyak umumnya memiliki masalah dengan pori-pori besar, jerawat, komedo, dan permasalahan semacam yang memunculkan bintik warna di kulit. Sebagian besar sisi muka terlihat mengkilap karena minyak berlebihan.

Bila tidak dirawat, pori-pori yang besar bisa mampet dan mengakibatkan breakout. Pemilik kulit berminyak dianjurkan untuk membersihkan muka 2x satu hari, menghindar pencuci scrub, dan pilih produk perawatan kulit memiliki label non-komedogenik.

3. Kulit Kering

Kulit kering dapat terasa kencang selama seharian, dan kemungkinan terasa terkelupas. Kulit kering sejumlah besar disebabkan karena genetika, factor lingkungan seperti pola hidup dan diet, pengubahan hormonal, dan cuaca.

Dehidrasi sebagai pemicu khusus kulit kering, jadi minum banyak air dan menghindar diuretik seperti alkohol dan kafein bisa membuat ketidaksamaan berarti pada penampilan dan rasa kulit.

Eksfoliasi harian dengan bahan halus non-abrasif menolong tingkatkan pergantian sel kulit tanpa hilangkan minyak alami kulit. Tanpa tambahan susunan kulit mati, serum dan perawatan makin lebih gampang meresap.

Ciri-ciri yang paling ciri khas untuk mengenal jenis kulit muka yang kering ialah:

  • Kulit terkelupas.
  • Muncul noda-noda hitam di muka.
  • Kelihatan kerutan karena kering.
  • Kulit terasa kencang.
  • Muncul rasa gatal.

Ada beberapa mengatasi kulit wajah kering dan kusam, dan salah satu caranya adalah dengan rajin menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit ini. 

4. Kulit Gabungan

Jika ada tempat muka merasa kering sementara pada bagian hidung dan dahi berminyak, itu tanda Mam punyai tipe kulit gabungan.

Langkah ketahui tipe kulit muka gabungan bisa disaksikan dengan berikut, umumnya ini sebagai kombinasi dari tipe kulit muka kering dan tipe kulit muka berminyak.

  • Punyai pori-pori yang lumayan besar, tetapi tidak sebesar ke orang dengan tipe kulit berminyak.
  • Kerap muncul komedo hitam di tempat hidung.
  • Kulit berminyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *